HMJ KPI Unjuk Kemampuan Lewat Sayemabar

0

Posted on : 10.00 | By : Sukaraja Bersatu

Dunia tulis-menulis (Jurnalisme) merupakan salah satu wahana yang sekarang ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk menyebarkan gagasan serta menawarkan nilai-nilai bagi acuan kehidupan yang lebih baik.

lama ini, kegiatan dakwah dan penyiaran nilai-nilai universal agama untuk mendukung kemajuan ummat dan masyarakat, seringkali dimaknai dengan aktivitas tabligh di mimbar-mimbar masjid dan disampaikan oleh kalangan tertentu yang sangat terbatas. Padahal, penyemaian nilai-nilai kebaikan di tengah masyarakat merupakan aktivitas yang komprehensif dengan melibatkan berbagai macam cara, media, dan subjek. Apalagi dunia sekarang ini menawarkan berbagai perkembangan mutahir yang memungkinkan terjadinya kreatifitas di bidang dakwah dan komunikasi agama.


Dunia tulis-menulis (Jurnalisme) merupakan salah satu wahana yang sekarang ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk menyebarkan gagasan serta menawarkan nilai-nilai bagi acuan kehidupan yang lebih baik. Banyak pihak yang memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi sebagai cara dan wahana untuk menggali dan mengembangkan kreatifitas mereka di bidang jurnalisme, namun masih banyak juga yang belum menemukan wahana untuk pengembangan bakat dan kreatifitas mereka.

Di tengah keadaan yang bertentangan tersebut, dirasa perlu diciptakan wadah seperti halnya sayembara. Bagi mereka yang telah mulai mengembangkan kreatifitas tulis-menulis, sayembara merupakan wadah untuk menampung hasil kreatifitas dan usaha mereka dalam menyebarkan gagasan-gagasan Islami. Sementara bagi yang belum atau mau memulai, dengan adanya sayembara diharapkan bisa bangkit motivasinya dalam berkarya dan berbuat untuk menebar kebaikan bagi dirinya dan ummat.

Atas dasar itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) mengadakan Sayembara menulis cerpen Islami. Kegiatan ini dihajatkan kepada siswa dan mahasiswa se-NTB sebagai wahana untuk mereka menumbuh-kembangkan semangat kreatifitas dalam dunia tulis menulis.

Kegiatan Sayembara menulis cerpen Islami berlangsung dari Tangal 16 Februari 2009 Sampai dengan 27 Maret 2009. Ketentuan dalam lomba penulisan, pertama tema cerpen harus yang bernuansa Islam, kedua jumlah halaman tulisan paling banyak 6 halaman dengan menggunakan sepasi dua, ketiga menyerahkan satu sampai dua naskah.

Setelah melawati batas waktu yang ditentukan, di meja redaksi panitia telah terkumpul naskah peserta sebanyak 200 naskah, dengan asumsi masing-masing peserta menyerahkan satu sampai dua naskah. Sesuai dengan kesepakatan panitia dari 200 naskah tersebut akan dipilih tiga pemenang juara satu, dua dan tiga. Selain itu juga, sepuluh naskah terbaik lainnya akan diterbitkan menjadi buku. Peserta yang mengikuti perlombaan ini dari siswa dan Mahasiswa yang berasal dari Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Tengah , Lombok Barat dan Mataram.

Dari hasil penilaian juri selama tiga minggu akhirnya panitia sayembara telah mengantongi pemenang lomba penulisan cerpen Islami. Pada hari sabtu 15 Juli 2009 panitia perlombaan membuat acara pengumuman pemenang perlombaan. sebelum pengumuman, acara dilangsungkan dengan sambutan dari ketua Panitia, HMJ KPI dan Dekan Fakultas Dakwah. Afifudin Adnan sebagai ketua panitia mengungkapkan rasa syukur dan berterimakasih atas terlaksanya dengan baik kegiatan tersebut, disamping itu juga ia menjelaskan langkah kongkrit HMJ-KPI yang spekulatif membuat acara dengan makan waktu cukup lama sebulan lebih yang ruang lingkupnya se-NTB. Pada kesempatan itu juga, Dekan Fakultas Dakwah Drs. H. Hasan Mustofa, M.Ag meberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Dalam sambutannya H. Hasan Mustofa mejelaskan, kegiatan semacam ini merupakan benih cikal bakal lahirnya penulis muda NTB yang kompetetif dengan segenap kemampuannya mampu mengharumkan nama NTB di kancah Nasional nantinya. Ia juga mengharapkan kepada segenap mahasiswa dakwah yang berkonsentrasi dengan dunia jurnalistik menunjukkan kemampuan syiar dakwah Islam melalui tulisan.

Waktu yang di tunggu-tunggu, pengumuman pemenang Sayembara Penulisan Cerpen Islami. Untuk juara pertama di raih oleh Herpiko Dwi Aguno dari SMAN 2 Mataram dengan judul cerpen Aku Ingin Masuk Surga-Mu, kemudian di susul oleh Dhoifurrahmaniah mahasiswa FKIP UNDRAM dengan judul Cinta Itu Karena Allah, dan juara ke-Tiga Najmina Amalia siswa SMAN 1 Praya dengan judul cerpen Syawal Surga Cinta-Mu ,dan sepuluh naskah terbaik lainnya juga turut mendapatkan penghargaan atas karya mereka.
Pada bulan Agustus 2009 buku antologi cerpen Islami telah berhasil di terbitkan, rencana Louncing akan di gelar pada bulan Oktober 2009.** CS

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (0)

Posting Komentar